Cara Membuat Bakteri Asam Laktat (Lactobacillus) untuk Pupuk Organik dan Probiotik Hewan Ternak

Cara Membuat Bakteri Asam Laktat (Lactobacillus) untuk Pupuk Organik dan Probiotik Hewan Ternak. Bakteri Asam Laktat (BAL) dapat dimanfaatkan sebagai starter pembuatan pupuk organik. BAL dalam metabolismenya terbagi dua yaitu homofermentatif dan heterofermentatif. Suryani dkk. (2010) menyatakan terdapat dua tipe fermentasi bakteri asam laktat yaitu homofermentatif dan heterofermentatif. Produk utama bakteri asam laktat homofermentatif hanya berupa asam laktat, sedangkan bakteri asam laktat heterofermentatif menghasilkan produk lebih banyak yaitu asam asetat, CO2 dan etanol sehingga jika dilakukan pengujian menghasilkan gas yang tertampung dalam tabung Durham maka dinyatakan sebagai heterofermentatif dan apabila tidak didapatkan gas dinyakan sebagai homofermentatif.

Manfaat  Bakteri Asam Laktat

Ada banyak manfaat bakteri asam laktat baik untuk tanaman ataupun hewan ternak

1. Manfaat Bakteri Asam Laktat sebagai MOL pupuk Cair organik dan Kompos

  • BAL mampu sebagai pendekomposer alami karena saat dekomposisi berlangsung BAL menguraikan bahan organik menjadi bahan sederhana, melalui proses humifikasi.
  • BAL sebagai starter juga mampu meningkatkan N, P dan K pupuk organik. Peningkatan N, P dan K disebabkan adanya kerjasama antara bakteri pengikat N serta adanya reaksi enzim fosfatase yang dihasilkan oleh BAL sehingga membantu ketersediaan P, nilai K yang diperlukan untuk pertumbuhan bakteri juga tersintesa oleh BAL.
  • Dengan penambahan BAL bagian senyawa sulfur dari bahan organik dirombak menjadi gas SO2 yang relatif tidak berbau, dan menghambat pembentukan H2S
  • Bakteri asam laktat telah digunakan secara luas sebagai pengawet hayati (biopreservatives) untuk menekan dan menghilangkan bakteri patogen dan pembusuk dalam bahan pangan.
Spesies bakteri asam laktat (BAL) berpotensi dijadikan sebagai starter pembuatan pupuk organik kotoran ayam, penambahan Lactobacillus paracasei 3 % memberikan nilai N, P dan K terbaik pupuk dan analisis kelayakan usaha pembuatan pupuk organik diperoleh NPV > 0, IRR besar dari laju pengembalian dan B/C > 1 sehingga layak untuk dijalankan menjadi suatu usaha.

Bakteri asam laktat (BAL) merupakan salah satu jenis bakteri yang mampu memproduksi metabolit sebagai antibakteri. Bakteri asam laktat dinilai tidak berbahaya, sehingga baik digunakan sebagai bahan pengawet alami atau probiotik melawan bakteri patogen (Indriyati 2009). Kelompok bakteri asam laktat merupakan bakteri yang memiliki peran utama dalam proses fermentasi (Hidayat et al. 2006).

2. Manfaat Bakteri Asam Laktat (BAL) untuk Hewan Ternak yaitu: (LIPI, 2020)

  • Bakteri Asam Laktat Menghasilkan senyawa penghambat, sehingga dapat menghambat mikroba yang berbahaya untuk hewan tersebut.
  • Bakteri asam laktat dapat mengubah ekosistem mikroba saluran pencernaan mereka, menjadi komunitas mikroba yang menguntungkan
  • Dapat meningkatkan kesehatan dan juga produktivitas ternak tersebut
  • Bakteri asam laktat dapat meningkatkan sistem imun untuk hewan dengan dua cara yaitu memberikan efek positip pada imun tubuh hewan dan melindungi tubuh hewan secara langsung dari patogen.
  • Meningkatkan penyerapan nutrisi karena aktivitas fermentatif yang tinggi
  • Meningkatkan pertambahan bobot badan ternak

Bahan Pembuatan Bakteri Asam Laktat

Beberapa bahan yang dapat digunakan dalam membuat Bakteri asam laktat
  • Susu merupakan sumber Bakteri asam laktat, sehingga selain sebagai sumber juga mengisolasi bakteri yang diinginkan baik untuk pemupukan ataupun probiotik hewan ternak, sementara bakteri yang tidak diinginkan akan mati. Susu yang dapat digunakan hampir semua jenis, bisa susu murni, yogurt atau produk bermerk seperti yakult yang sudah mengandung bakteri asam laktat bermanfaat.
  • Selain dari susu juga dapat menggunakan sumber lain seperti tape singkong atau tape katan, yang menghasillan bakteri BAL yang cukup tinggi. Yang selanjutnya dapat dikembangkan
  • Air bekas cucian beras dapat dijadilan sebagai bahan sederhana dalam pembuatab BAL, Hal ini karena dapat menciptakan bakteri asam laktat, yang secara signifikan meningkatkan kesehatan tanah dengan menguraikan bahan organik dan mengurangi kemungkinan patogen yang tidak diinginkan terkait dengan bahan yang membusuk. Ini juga akan menghilangkan bau busuk yang terkait dengan pengomposan dan pupuk kandang. Air bertepung ini akan memungkinkan pertumbuhan bakteri asli. 

Cara membuat Bakter asam laktat

Ada beberapa cara membuat bakteri asam laktat, yaitu:

Cara 1

Cara pembuatan bakteri asam laktat untuk Mol pupuk organik cair dan probiotik dari susu murni
  • Siapkan air cucian beras atau rebus kentang dan susu
  • Wadah bisa di sterillan dengan larutan cuka (dibilas) rekomendasi menggunakan wadah toples bening/kaca.
  • Isi wadah dengan air beras tersebut dan tutup dengan kain katun dan karet gelang. Kain katun memungkinkan pertukaran udara.
  • Tempatkan toples ditempat yang tidak terhalang
  • Penghalang dapat menghentikan sinar UV matahari dari membunuh bakteri yang tumbuh di dalam air. Biarkan selama dua hari.
  • Ambil air cucian beras atau air kentang yang telah didiamkan ambil dan isikan 1/10 ke wadah baru. Atau satu persen dari wadah. 
  • Sisanya 9/10 bagian wadah dengan air susu. Tutup dengan kain katun untuk memungkinkan pertukaran udara. Letakkan di rak yang tidak terkena sinar matahari langsung. 
  • Biarkan selama 5-7 hari.
  • Pisahkan cairan dari dadih. Cairan ini disebut Lactobacillus (lab). 
  • Simpan serum LAB dalam stoples kaca dengan tutup yang dikencangkan. 

Cara 2

Cara sederhana membuat bakteri asam laktat dari yakult untuk pupuk organik dan probiotik 
  • Siapkan wadah tampung galon atau botol aqua besar
  • Susu yakult
  • Siapkan air bekas cucian beras
  • Untuk ukuran galon 15 liter gunakan 5 botol susu yakult dan sisanya air cucian beras (perbandingan tidak mutlak) bisa sesuaikan sendiri 
  • Tutup wadah dengan memberikan selang pembuangan gas, dimana ujung gas keluar dimasukkan dalam botol sedikit berisi air agar tidakada udara dari luar yang masuk dalam wadah
  • Diamkan selama 7-10 hari
  • Pisahkan cairan dengan didih 
  • Cairan adalah serum BAL yang dapat disimpan selama 6 bulan.
Yakult merupakan produk merk minuman yang didesain mengandung miliaran bakteri asam laktat jenis Bakteri L. Casei . 

Cara 3

Cara Membuat Bakteri Asam Laktat dari Tape Singkong dan Tape Ketan
  • Siapkan Tape singkong atau ketan
  • Siapkan wadah lengkap dengan penutupnya
  • Siapkan air gula/ air kelapa
  • Kedalam wadah masukkan tape singkong atau tape ketan
  • Lalu tambahkan air kelapa atau air gula dengan perbandingan 1 bagian ketan dan 3 bagian air gula.
  • Berikan selang pembuangan gas keluar, dimana ujungnya dimasukkan dalam botol yang sedikit diisi air agar udara dari luar tidak masuk
  • Diamkan selama 7-10 hari
  • Pisahkan cairan (BAL) dengan ampasnya.
Jika anda memiliki air tape sisa konsumsi anda bisa tambahkan air beras seperti cara 1 dan 2, dimana air tape tersebut dapat me jadi untuk mengambangkan BAL lebih banyak.

Penjelasannya, pada pembuatan BAL untuk MOl pupuk organik tanaman atau probiotik menggunakan tape. Proses pembuatan tape sebenarnya sudah masuk dalam proses pembuatan BAL, karena tape yang berasal dari singkong atau ketan adalah karbohidrat yang merupakan bagian dari media pertumbuhan bakteri baik tersebut, dan BAL berasal dari ragi tape sebagai produk fermentasi, penambahan gula/air kelapa sebenarnya memiliki fungsi yang sama dengan karbohidrat yang merupakan unit dari gula, sebagai booster pertumbuhan bakteri.

Menurut hasil penelitian dari IPB oleh Gultom, dkk. (2017) Komposisi mikroorganisme tape singkong yaitu: total bakteri berjumlah 7.0-7.4 log cfu/g, BAL berjumlah 6.5-8.1 log cfu/g, endospora berjumlah 5.1-5.8 log cfu/g, Enterobacteriaceae berjumlah 2.2-3.3 log cfu/g, kapang berjumlah 6.9-7.3 log cfu/g, dan khamir berjumlah 6.5-7.2 log cfu/g. Sedangkan Tape ketan memiliki total bakteri berjumlah 7.2-8.0 log cfu/g, BAL berjumlah 7.9-8.5 log cfu/g, endospora berjumlah 3.4-4.7 log cfu/g, Enterobacteriaceae berjumlah 2.0-3.2 log cfu/g, kapang berjumlah 5.5-6.1 log cfu/g, dan khamir berjumlah 6.4 log cfu/g.

Bakteri asam laktat udah jadi dengan ciri larutan beraroma kecul seperti bau bau susu basi (yakult). LAB memiliki umur simpan 6 bulan.

Disukusi

Kenapa Cara 1 lebih banyak susu sedangkan cara 2 sedikit susu?
Pada cara satu menggunalan susu bebas langsung baik dari peternakan langsung atau olahan lainnya sedangkan pada cara 2 menggunakan yakult yaitu susu terkontrol yang sudah diketahui mengandung bakteri asam laktat. Alasan kedua, pada dasarnya susu hewan sudah mengandung bakteri asam laktat sedangkan bahan campuran lainnya seperti air beras atau lainnya adalah sebagai media untuk mengembangbiakan BAL, jadi semakin banyak susu yang dipakai maka semakin baik.

Cara menggunakan Bakteri asam laktat untuk tanaman dan hewan ternak

Sebagai starter dapat mengganti MOL atau EM4 dalam pembuatan pupuk cair atau pupuk kompos.
Secara langsung, gunakan 1 sendok makan serum LAB dengan 1 galon air dan siramkan ke tanah/kompos dan tanaman.

Ada pertanyaan, bolehkan membuat BAL dengan EM4? (pada kasus untuk starter), lah ngapain buat Bal kalo ada EM4, kan kita mau buat BAL untuk mengganti fungsi EM4 bedanya BAL memprioritaskan jenis bakteri tertentu sedangkan pada EM4 ada banyak mengandung jenis bakteri.

Bakteri asam laktat untuk hewan ternak dapat diberikan sebagai bahan aditif dalam pakan ternak dan juga dapat digunakan dalam permentase pembuatan silase.


Demikian artikel tentang Cara Membuat Bakteri Asam Laktat (Lactobacillus) untuk Pupuk Organik dan Probiotik Hewan Ternak. Silakan berikan tanggapan dan masukan 🙏

Posting Komentar