Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Manfaat dan Cara Pembuatan Pupuk Organik Cair Untuk Tanaman Padi

Manfaat dan Cara Pembuatan Pupuk Organik Cair Untuk Tanaman Padi. Pupuk organik cair adalah pupuk yang hanya mengandung bahan kimia maksimal 5%, pupuk organik cair (POC) dapat memberikan hara yang sesuai dengan kebutuhan tanaman pada tanah. 

Manfaat pupuk organik cair

Manfaat dan Kelebihan Pupuk Organik Cair yaitu:
  • Tanaman dapat dengan mudah mengatur penyerapan komposisi pupuk yang dibutuhkan jika terjadi kelebihan kapasitas pupuk pada tanah,
  • Dalam aplikasi pemupukan hasilnya lebih merata karena tidak akan terjadi penumpukan konsentrasi pupuk disatu tempat, hal ini disebabkan pupuk organik cair 100% larut.
  • Pupuk organik cair jug mempunyai kelebihan yaitu dapat secara cepat mengatasi defesiensi hara dan tidak bermasalah dalam pencucian hara dan tentunya mampu menyediakan hara secara cepat (Taufika, 2011).
  • Selain dapat memperbaiki kualitas sifat fisik, kimia, dan biologi tanah, pupuk organik cair (POC) juga dapat membantu meningkatkan produksi tanaman, meningkatkan kualitas produk tanaman, dan mengurangi penggunaan pupuk anorganik. (Masluki, 2015).

Cara kerja pupuk organik

Menurut studi lain, Pemberian pupuk cair hayati tidak memberikan pengaruh nyata terhadap tinggi tanaman, panjang malai, bobot gabah basah per tanaman, bobot gabah kering per tanaman, dan persentase gabah isi, akan tetapi berpengaruh nyata terhadap jumlah gabah per malai, dan jumlah anakan produktif; serta berpengaruh sangat nyata terhadap umur berbunga.

Pembuatan Pupuk organik cair

Pupuk organik cair dibuat dari bahan baku berupa kotoran ternak, kompos, limbah alam, hormon tumbuhan dan bahan-bahan alami lainnya yang diproses secara alamiah.

Cara Membuat Pupuk Organik Cair untuk Tanaman Padi (Widiastuti, 2008).
  • Siapkan Daun gamal dan pisahkan dari tangkainya kemudian di masukkan ke dalam ember (tong) yang berukuran 150 L. dapat menambahkan Bahan organik lain seperti Bonggol pisang.
  • Lalu dicampurkan dedak dengan perbandingan 1:10.
  • Setelah itu dimasukkan larutan gula merah dan EM4 atau MOL sebanyak 6 liter dan air 30 liter.
  • Campuran larutan diaduk merata lalu kemudian ember (tong) di tutup rapat dieratkan dengan lakban
  • Berikan selang pembuangan gas dengan cara satu ujung selang didalam tong dan satunnya dimasukkan kedalam botol yang berisi air dengan tujuan udara yang ada di dalam tong ember dapat keluar, tetapi udara dari luar tidak dapat masuk.
  • Proses fermentasi dilakukan selama 30 hari.
  • Pisahkan Ampas dan cairan dengan cara diperas lalu disaring.
  • Bahan-bahan organik diatas tidak baku dan dapat diganti dengan bahan-bahan organik yang tersedia dialam.

Manfaat pupuk Cair Organik untuk Padi

Berdasarkan hasil penelitian, bahwa pemberian Pupuk Organik Cair dari Daun Gamal dengan konsentrasi 10 ml/liter air memberikan pengaruh pertumbuhan dan produksi terbaik tanaman padi pada semua parameter yang diamati yaitu tinggi tanaman (37,83 cm), jumlah anakan (35,03), berat gabah/rumpun (41.98 gram) dan berat gabah/hektar (6,2 ton), jumlah malai (20.72 bulir), waktu keluarnya malai (71.36 hari) (Siti maryam, 2016)

Dosis pemakaian pupuk cair pada tanaman padi


Pemberian pupuk organik cair pada tanaman padi dilakukan 5 kali sampai fase pengisian bulir padi, dengan cara disemprotkan ke daun tanaman pada pagi hari saat stomata daun baru terbuka dengan pengenceran pupuk 1:10, pupuk organik 1 L, air 10 L, volume semprot 10cc/tanaman. Menurut (Sasminto, 2017) Perlakuan Pupuk Cair Hayati 2 ml/l air juga memberikan angka yang tinggi pada panjang malai dan persentase gabah isi.

Menurut (Agatha, 2016), Hasil penelitian menunjukkan bahwa dosis pupuk organik cair terbaik adalah 6 liter/ha dengan hasil berat kering biji sebesar 8,90 t/ha, sedangkan frekuensi penyemprotan pupuk organik cair tidak berbeda nyata.

Refrensi:
  • Siti Maryam Yasin. 2016. Reslon Pertumbuhan Padi (Oryza Sativa) pada Berbagai Konsentrasi Pupuk Organik Cair Daun Gamal. Palopo: Universitas Andi Djemma Palopo.
  • Masluki, Muhammad Naim, Mutmainnah. 2015. Pemanfaatan Pupuk Organik Cair pada Lahan Sawah Melalui Sistem Mina Padi. Palopo: Universitas Cokroaminoto Palopo. 

Posting Komentar untuk "Manfaat dan Cara Pembuatan Pupuk Organik Cair Untuk Tanaman Padi"